Galeri

About

Ari Damayanti

Life is not always as we expect. However, we must still strive to achieve what we dream. Grief and pain must be approached, but there is always a way back to happiness.

Just like everyone, I will need a companion who is not human. That faithfully accompany with all his life, which can be a true friend till my time or their time is come.

And I have it now, Doru, Billie and Miho. They are my true friend, cute funny cats who always make a fuss and always demanding. But, by their presence, my life was perfect. I can tell anything to them, sorrow, pain, confusion, and heartbreak.

Thank's to God by sent them to me. I do really love you my sweet kitties.
Oriflame Cosmetics

Oriflame Cosmetics

Tuesday, October 30, 2012

OMG, Stress pada kucing


stressed out cat
Terkadang kita semua pasti merasakan stres. Hal ini terasa sangat “ngga enak banget” dan pasti bikin kita “salting”. Untungnya, kita memiliki banyak sekali tempat untuk mengobati stress salon, gym, club, KTV, pantai dan lain-lain, bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan atau bahkan dengan berbicara kepada sahabat yang siap mendengarkan apapun keluhan kita saja sudah bisa membuat  stress berkurang.

Tapi siapa yang akan bertanya kepada kucing kita apa yang menyebabkan dia stres?
Kita mungkin tidak menyadarinya, tetapi kucing bisa merasa stres seperti manusia. Meskipun reputasi mereka untuk menjadi makhluk yang cenderung introvert, banyak hal yang bisa mengganggu mereka, seperti:

• Pindah ke rumah baru
Datangnya Seorang anggota keluarga baru
Meninggalnya salah seorang anggota keluarga

Kucing membutuhkan rutinitas dalam kehidupan mereka dan ketika rutinitas terganggu, mereka dapat menjadi tidak nyaman. Bahkan sesuatu yang sangat sepele, seperti, ketika kita  menata ulang furnitur didalam rumah. Hal ini sebenarnya dapat mengganggu kucing Anda. Rasanya seperti seseorang yang asing buat kita, tiba-tiba saja dating dan merubah rumah kita. Ga kebayang kan bagaimana rasanya.

Gejala-gejala stres pada kucing tidak selalu terlihat dengan jelas. Beberapa gejala juga bisa jadi mengindikasi masalah kesehatan. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mengawasi perilaku kucing  dan memperhatikan sesuatu yang tidak biasa.

Jika Anda melihat ada tanda-tanda penyebab stress seperti dibawah ini, pastikan Anda melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter hewan :

• Kurangnya perawatan atau over-grooming
• Terlalu banyak makan atau kurangnya minat untuk makanan
• Perubahan kebiasaan (tidur lebih atau kurang dari biasanya)
• Menghindari litter box
Bersuara yang berlebihan (Excessive Vocalization)
• "Acting Out" dengan perilaku tidak pantas seperti scratching

Beberapa kucing, kucing terutama kucing jantan, juga merasa perlu untuk membangun kembali wilayah mereka setelah perubahan. Dan biasanya hal ini dilakukan dengan cara "menandai" atau buang air kecil pada bagian tertentu didalam rumah, mengunyah dan menggaruk, dan tindakan lainnya yang biasanya dianggap "perilaku buruk."
Jangan mengabaikan perubahan kepribadian yang tiba-tiba pada kucing, karena ini bukanlah sebuah fase atau masanya kucing bersikap buruk!.

Pikirkan terakhir kali Anda sedang stres, pasti rasanya sangat tidak enak, dan tidak diragukan lagi kucing Anda juga merasakan hal yang sama. Sebaliknya, Anda harus melakukan yang terbaik untuk meredakan stres pada kucing Anda. Bagaimana Anda melakukanya?

Cara termudah dan paling jelas adalah dengan menghilangkan penyebab stres.

Apakah kucing Anda marah setiap kali Anda menggunakan vakum cleaner? Tempatkan kucing Anda di ruangan lain saat Anda membersihkan.

Apakah ia bereaksi buruk terhadap furnitur yang barusaja Anda beli? Maka, tempatkan furniture baru Anda dalam ruangan yang berbeda yang jarang sekali dihampiri oleh kucing.


Namun, terkadang ada juga hal yang tidak dapat mengurangi stres pada kucing. Misalnya, kehadiran bayi yang baru lahir, atau pindah ke rumah baru.  Dalam kasus ini, Anda harus berkonsultasi tentang metode desensitisasi ke dokter hewan Anda.



Selain metode desentisasi, Anda bisa juga menyemprotkan “stres control” buat kucing. Biasanya diterapkan dengan cara disemprotkan ke udara, stres control ini adalah cairan yang berisi feromon kucing, dan sudah terbukti dapat mengurangi tingkat stres pada kucing, dan yang pasti aman dan alami. Cukup semprotkan cairan ini ke udara, maka kucing akan merasa sangat nyaman dan rileks. Ini juga merupakan cara alami untuk terus memperkuat rasa kenyamanan dan relaksasi kucing Anda. Anda bisa mencarinya di petshop atau vet langganan.




Stres merupakan bagian dari kehidupan. Tetapi dengan jauhnya stres dari kucing kita, berarti menghindari kita dari frustasi.


Salam Meeooooww


Sumber : dari berbagai sumber

No comments: